MELIHATKU

pengingat

segala sesuatu harus di mulai dengan bismillah

Diberdayakan oleh Blogger.

my profil

Foto saya
kegiatan hari - hari saya tuk saat ini sedang pengacara(pengangguran banyak acara dengan diselimuti setatus sebagai mahasiswa di STMIK swasta di bekasi), kadang bosan dengan kegiatan tapi bagai mana lagi inilah hidup.
fbycom

SHARE OPINI

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

My Little Browser

lovemeter

love friends

Crystal Clock


BAB I

PENDAHULUAN


1.1 LATAR BELAKANG MASALAH

Pengertian Jaringan (network) adalah sekumpulan computer yang dapat saling berkomunikasi satu sama lain dan berbagi peralatan yang dapat diakses secara bersama-sama. Agar dapat berkomunikasi antara satu computer dengan computer lainnya diperlukan sebuah protocol jaringan. Protokol jaringan yang digunakan adalah protocol TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Dilihat dari pengertian jaringan maka Jaringan computer sangat dibutuhkan untuk sebuah tempat yang menggunakan beberapa atau lebih computer, sehingga mempermudah pengeditan data maupun lainya yang bersangkutan dengan computer. tanpa adanya jaringan komputer seorang pemimpin akan kewalahan mengawasi bawahanya dan data – data dalam sebuah perusahaan kemungkinan akan double atau hilang dan bias jadi data – data penting berserakan di computer user sehingga menimbulkan pencurian data. Keuntungan dari jaringan computer diantaranya:


Dalam tugas UTS yang diberikan oleh Dosen mata kuliah Jaringan computer. penulis melakukan obserpasi ke UPTD Gunungputri Bogor. Yang beralamatkan Jl. Raya cicadas Gunungputri. Di karnakan UPTD merupakan pusat data – data penting baik secara fisik maupun non fisik (file – file) dari seluruh sekolah yang ada di Kecamatan Gunungputri.


1.2 TUJUAN PENELITIAN

Tujuan penelitian dalam tugas UTS ini adalah menganalisa struktur jaringan komputer yang ada di sekitar, dalam hal ini penulis memilih obserpasi di instalasi pemerintahan tepatnya di UPTD Gunungputri Kabupaten Bogor.


1.3 PEMBATASAN MASALAH

Jaringan komputer yang dibuat dalam penelitian ini adalah untuk pembelajaran bagi mahasiswa secara logika pembuatan dan pengkoneksian antar komputer tanpa harus menggunakan komputer secara massal dengan menggunakan software packet traker 4.1, dan software Microsoft Visio 2003. adanya obserpasi yang dilakukan penulis sebagai contoh secara nyata/riil dalam pembuatan jaringan komputer dan menganalisis apakah jaringan tersebut sudah ideal atau belum ideal.


1.4 METODOLOGI PENELITIAN

Strategi dalam tugas ini adalah melihat secara langsung keadaan tata letak ruang bangunan dan komputer, selain itu mewawancarai beberapa pegawai , untuk melihat adanya kelemahan/kekurangan yang ada supanya penulis dapat menganalisisnya dan memberikan solusi, Sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan penulis.


1.5 SISTEMATIKA PENULISAN

Bab 1 memberikan penjelasan tentang latar belakang masalah, tujuan penelitian, ruang lingkup permasalahan dan metode penelitian.

Bab 2 Jaringan Komputer dan Solusi

Bab terakhir membahas tentang kesimpulan


Bab 2

Jaringan Komputer dan Solusi


2.1 Pendahuluan

Jaringan merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer, perangkat komputer tambahan dan perangkat jaringan lainnya yang saling terhubung dengan menggunakan media tertentu dengan aturan yang sudah ditetapkan

Komponen Jaringan :


  • Perangkat Komputer :
    • Komputer (di dalam ada perangkat yang menghubungkan dgn jaringan misal (NIC, Modem)
    • Printer
    • Scanner

  • PerangkatJaringan:
    • Modem
    • Hub
    • Switch
    • Router
    • Firewall


Keuntungan yang diperoleh dengan terhubungnya computer satu dengan lainnya dalam sebuah jaringan dengan menggunakan protocol TCP/IP, tidak hanya sebatas pemakaian/pemanfaatan piranti secara bersama-sama namun dapat juga digunakan untuk berkomunikasi antara satu client dengan client yang lain. Pemakaian bersama (sharing) folder atau file dapat dilakukan antara satu computer dengan computer lain pada jaringan computer. Efisiensi waktu dan tempat dapat diperoleh dengan adanya jaringan computer ini. Disamping itu folder atau file yang tersimpan dapat dimanfaatkan oleh computer lain. Disisi yang lain komputer-komputer yang bertindak sebagai client dapat pula memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh server untuk dapat mengakses folder atau file yg telah disediakan.


Jenis-jenis jaringan

1. LAN (Local Area Netowrk)

2. MAN (Metropolitan Area Network)

3. WAN (Wide Area Network)


  • LAN (Local Area Network)

LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.



  • MAN (Metropolitan Area Network)

MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu: jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. Misalnya Bank Mandiri yang ada di seluruh wilayah Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi.


  • WAN (Wide Area Network)

Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana satelit atau kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK MANDIRI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain. WAN mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara atau benua.


2.2 Keadaan Tata Letak Komputer

Keadaan Tata Letak Komputer Di Dinas UPTD Gunungputri

awal 1 menggunakan MS Visio


Awal 1 menggunakan packet traker 4.1


Awal 1, merupakan gambaran secara nyata tata letak bangunan dan computer, disana hanya terdapat 3 komputer, 1 laptop dan 1 printer. Computer lebih banyak di simpan di Ruang TU. Padahal bila dilihat dari jumlah staff yang ada TU hanya memiliki 2 Staff. Sedangkan untuk Staff pengawas ada 10 staff, 2 Staff di keuangan dan 2 Staff di keanggotaan. Disana tidak terdapat jaringan computer, dikarnakan jaringannya rusak. Jadi apabila ingin mengembil data atau mengedit data yang sudah ada di computer harus menggunakan Flasdisk dan harus menunggu giliran mengedit. Selain itu 1 komputer yang ada di TU dalam keadaan rusak. Sehingga data dari keseluruhan yang ada, berada di computer TU yang masih berfungsi, sedangkan untuk PC Keuangan, komputernya khusus untuk Keuangan. Untuk Staff keanggotaan, pengawas & penilik maupun Kepala Dinas tidak terdapat satupun computer. Ada sebagaian staff yang tidak bias mengoperasikan computer.

Dapat di prediksi bahwa banya data yang tidak tertata antara data keangggotaan , Pengawas & Penilik dan TU berakibat kepada kebingungan dalam waktu membuka file folder tiap Staff, pengeditan hanya dilakukan oleh 1 orang. Waktu pengeditan akan berjalan lambat. Kurangnya pengawasan dari atasan, kemungkinan data penting akan hilang atau di curi.

Dalam hal ini untuk menanggulangi keadaan dan untuk memenuhi tugas UTS maka penulis memberikan sebuah solusi. Di bawah ini terdapat gambar tata letak computer.

Menu 2 menggunakan MS Visio

Menu 2 menggunakan packet tracer 4.1


Di dalam menu 2 ini, penulis menambahkan 2 buah computer, di karnakan melihat dari sisi tugas para Staff , kebanyakan mengedit data sehingga membutuhkan minimalnya sebuah computer. Secara garis besar tugas – tugas para Staff berdasarkan ruangan, diantaranya:

Tugas Pengawas dan Penilik

  • Pengawas : memberikan penyuluhan kepada Kepala Sekolah dan Guru – guru yang ada di wilayah Gunungputri, mengawasi Kepala yang berjaitan dengan tugas dan tanggung jawab, mengawasi Guru – guru yang berhubungan dengan tata cara ngajar mengajar.
  • Penilik : memberikan penyuluhan kepada masyarakat dalam hal pendidikan contohnya: PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Mengajar), mengawasi study non formal yang ada di Wilayah Gunungputri.



Tugas keuangan

  • Mengurusi segala keuangan yang datangnya dari pemerintahan pusat, untuk para Kepala Sekolah dan Guru – guru yang ada di Wilayah Gunungputri, contohnya: gaji, dll.

Tugas ketenagaan

  • Mengurus segala administrasi yang berkaitan dengan Kepala Sekolah dan Guru – guru, contohnya: mengurus kenaikan pangkat, penataran dan study banding.

Tugas TU

  • Mengerjakan semua data yang berhubungan dengan administrasi sekolah, baik itu data fisik maupun non fisik yang berhubungan dengan keadaan sekolah, pemberitahuan dari pemerintahan pusat, contohnya: surat undangan atau pemberitahuan, dll.

Tugas Kepala Dinas

  • Mengawasi tugas setiap Staff kantor, terkecuali pengawas dan penilik mereka berdiri sendiri.
  • Bertanggung jawab atas kebenaran data – data yang ada tentang sekolah yang ada di Wilayah Gunungputri.

Bila kita lihat Tugas – tugas tersebut maka akan terdapat satu titik bahwa mereka saling berkaitan, contohnya apabila sebuah sekolah mengajukan renofasi bangunan maka, yang dilihat adalah data dari TU kemudian persetujuan dari Kepala Dinas dan persetujuan dari Pusat, maka dana akan cair dan dana tersebut akan disalurkan ke bagian keuangan. Maka dari itu jaringan sangat dibutuhkan.

Untuk memperkuat keamanan data dan jalannya jaringan computer di dalam dinas UPTD diharapkan menggunakan firewall dan terdapat Staff IT minimal 1 orang. Selain itu diadakannya kursus bagi para Staff yang tidak bias megoperasikan computer.


KESIMPULAN

Banyak kemudahan – kemudahan yang diperikan apabila kita menggunakan jaringan computer, jaringan computer bias dikatakan bagus atau ideal apabila dilihat dari sisi kebutuhan. Tata letak bangunan, peralatan yang digunakan dalam jaringan dan keamanan/Scurity jaringan.

Bila sebuah perusahaan atau instalasi pemerintahan berkerja dengan computer tanpa adanya sebuah jaringan banyak kemungkinan – kemungkinan fatal yang besangkutan dengan data. Diharapkan semua instalasi pemerintahan maupun Swasta baik itu yang berada di pelosok maupun dikota menggunakan jaringan computer.










  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar